Ingin Berkarier di Negeri Sakura Ini Cara Dapatkan Visa Kerja Jepang

Ingin Berkarier di Negeri Sakura? Ini Cara Dapatkan Visa Kerja Jepang

Ingin Berkarier di Negeri Sakura Ini Cara Dapatkan Visa Kerja Jepang

Berkaitan dengan ketenagakerjaan di Negeri Sakura, pemerintah Jepang memberlakukan berbagai visa kerja bagi warga negara asing yang akan bekerja di sana. Banyak sekali pertanyaan yang beredar tentang bagaimana cara mendapatkan visa kerja Jepang, dan apakah sulit untuk mendapatkannya? Di artikel ini kamu bisa mendapatkan informasi mengenai cara mendapatkan visa kerja Jepang selengkapnya.

Jepang menjadi salah satu negara tujuan utama bagi para pencari kerja, karena budaya kerja yang sangat baik dan kesempatan yang terbuka lebar di sana. Visa kerja Jepang sendiri ada beberapa macam, salah satu visa yang baru diluncurkan adalah bagi Pekerja Berketerampilan Spesifik (PBS) atau Tokutei Ginou.

Untuk mendapatkan Tokutei Ginou pekerja harus memenuhi syarat seperti lulus ujian keterampilan dan tes bahasa Jepang. Selain itu, kamu juga harus mendapatkan kontrak dari perusahaan tempat kamu akan bekerja, melakukan tes kesehatan, mempersiapkan dokumen, dan persyaratan lainnya.

Cara Mengurus Visa Kerja Jepang

Bagi kamu yang ingin berkarier di Jepang, tentu kamu harus mengantongi visa kerja yang diberlakukan. Dilansir dari OhayoJepang.Kompas, berikut cara mengurus visa kerja ke Jepang:

  1. Menandatangani Kontrak Kerja

Sebelum memulai karier mu di Negeri Sakura, hal yang pertama kali kamu lakukan tentunya adalah mencari perusahaan yang akan merekrut pekerja. Maksudnya, kamu sudah harus diterima di sebuah perusahaan yang berlokasi di Jepang.

Untuk mencari lowongan pekerjaan di Jepang sendiri kamu bisa mencari informasinya di berbagai situs seperti Hellowork (bagi yang tinggal di Jepang) maupun melalui situs IPKOL (sistem informasi pasar buruh terkomputerisasi dalam jaringan di Indonesia) bagi kamu yang tinggal di Indonesia.

  1. Lulus Ujian (Keterampilan dan Tes Bahasa Jepang)

Syarat ini merupakan salah satu syarat yang wajib dipenuhi oleh seluruh calon pekerja di Jepang. Bahkan, visa satu ini tidak akan turun walau sudah terikat kontrak dengan perusahaan di Jepang jika kamu tidak memenuhi syarat ini.

Namun, jika kamu pernah mengikuti program Pelatihan Magang Teknis (ii) dan telah menyelesaikannya dengan baik, kamu bisa mendapat keringanan untuk tidak mengikuti kedua ujian ini.

  1. Menyiapkan Dokumen

Setelah berhasil diterima oleh perusahaan di Jepang dan lulus ujian, kamu bisa mulai menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan. Dokumen tersebut seperti Perjanjian Kerja, Syarat Kerja, Pembayaran Gaji, Curriculum Vitae, Surat Kesehatan Pribadi, dll.

Beberapa dokumen akan diisi sebelumnya oleh perusahaan yang menerimamu dan kamu cukup menandatangani dokumen tersebut.

  1. Tes Kesehatan (Medical Check Up)

Syarat ini menjadi salah satu syarat yang penting untuk mendapatkannya. Kamu bisa melakukan tes kesehatan di rumah sakit yang ada di Indonesia atau negara asal.

  1. Pengajuan Visa atau Mengganti Status Residensi)

Setelah semua dokumen sudah dilengkapi, selanjutnya adalah pengajuan visa ke imigrasi di Jepang. Bagi orang asing yang tinggal di luar Jepang, mereka harus mendapatkan Certificate of Eligibility (CoE) dan Visa sebelum datang ke Jepang.

Biasanya ini akan dilakukan oleh pihak perusahaan yang merekrut mu. Sedangkan, bagi orang asing yang telah tinggal di Jepang, mereka hanya perlu mengubah status tinggal. Setelah CoE disetujui dan visa sudah di tangan, kamu hanya tinggal berangkat ke Jepang.

Itulah tahapan yang bisa kamu lakukan untuk mengantongi visa kerja Jepang dan memulai perjalanan kariermu di Jepang. Perlu diingat bagi kamu yang berniat untuk bekerja di Jepang ataupun di negara lain, kamu harus memiliki visa untuk kerja dan bukan kunjungan biasa. Hal ini tentu untuk menghindarimu dari masalah perdagangan manusia atau human trafficking dan masalah ilegal lainnya.

Posts created 1

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top